Makalah Proses Kerja Teknologi Informasi dan Komunikasi
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT,yang telah memberikan hikmat dan kemampuan kepada
penyusun dalam menyelesaikan sebuah makalah dalam mata pelajaran Tik/Teknologi
Informasi dan Komunikasi, bahan pengajian ini kami kumpulkan dari berbagai
materi,yang sengaja kami susun untuk membantu para pembaca dalam mencapai kompetensi.
Bahan
makalah ini tidak hanya diambil dari suatu sumber saja.melainkan dari beberapa sumber buku yang dipadu secara
teliti oleh penyusun sehingga dapat lebih mudah pahami oleh kalangan para pembaca yang mengalami
kesulitan dalam proses kerja teknologi informasi dan komunikasi.
Dengan
bahan makalah ini, pernyusun juga berharap agar dapat bermanfaat bagi peserta
didik,sekalian dalam memahami proses kerja komputer,dan juga diharapkan dapat
dijadikan sebagai pedoman untuk mengaplikasikan komputer pada mata pelajaran
Tik ini bagi pembaca makalah ini yang ingin melatih diri untuk mengaplikasikan
komputer secara ototidak.
Dalam
pembuatan makalah ini kami gunakan bahasa sederhana yang dapat dengan mudah
dimengerti oleh para kalangan pembaca dan pada kesempatan ini perkenankan
penulis menyampaikan ucapan rasa terima kasih kepada seluruh kawan kelompok
yang telah diberikan suatu masukan secara saksama dalam menyusun suatu makalah
ini,semoga Allah berkenan mencurahkan rahmat dan Hidayah-Nya kepada akami
semua,dan kami berharap agar makalah ini dapat menambah wawasan tentang
prosedur kerja computer kepada para pembaca segala saran dan kritik yang
membangun demi penyempurnaan makalah ini,akan kami terimah dengan sebang
hati,karena setiap penyempurnaan tidak lupuk dari kesalahan dan
kehilafan.terimah kasih.
Bulukumba, oktober 2008
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
Dalam
kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan dengan banyak data.ada data
tentang pribadi,data tentang keluarga,dll.dengan demikian,data diartikan suatu
kumpulan dari kejadian-kejadian yang tertulis (dicatat) dari suatu keadaan atau
peristiwa nyata yang terjadi dilapangan
Maka
kita tahu tentang proses kerja teknologi informasi dan komunikasi dalam
computer terhadap tiga istilah penting,yaitu input (data), pengolah data,dan
informasi (output)pegolahan data dengan computer dikenal dengan nama pengolahan
data eletronik (PDE) atau eletronik processing (EDP).data adalah kumpulan
kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta) dapat berupa
angka-angka,huruf,symbol-simbol Khusus,atau gabungan dari ketiganya
Pengolahan
data merupakan suatu proses manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih
berguna dan lebih berarti,yaiut berupa suatu informasi,dengan dsemikian
informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan
bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta,oleh karena itu,pengolahan data
elektronik adalah proses manipulasi dari data bentuk yang lebih bermakna berupa
suatu informasi dengan menggunakan suatu alat eletronik,yaitu Komputer.
B. Rumusan
1. Jelaskan
proses kerja computer dan telekomunikasi,serta berbagai peralatan
teknologi informasi dan komunikasi
2. sebutkan
dan jelaskan fungsi dan cara kerja jaringan telekomunikasi
3. perangkat
lunak apa sajakah yang digunakan/dibutuhkan dalam system informasi
4. apa
keguanaan dari beberapa program aplikasi
C. Tujuan Penulisan
Yaitu
bertujuan untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan diatas.
BAB II
ISI
FUNGSI,PROSES KERJA KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI SERTA BERBAGAI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
1. Data dan informasi
Dalam
proses kehidupan manusia sehari-hari,kita sering diharapkan dengan banyak
data.Ada data tentang pribadi,data tentang keluarga,dll.dengan demikian,data
diartikan suatu kejadian yang tertulis (dicatat) dari suatu keadaan atau
peristiwa nyata yang terjadi di lapangan.
Suatu data akan lebih berarti
jika disusun secara baik,benar, dan sistematis.Tujuan dari kegiatan penyusunan
data adalah untuk mendapatkan informasi secara cepat dan akurat,.dengan
demikian,informasi dapat diartikan suatu hasil dari kegiatan pengolahan data
yang lebih berarti dari suatu kejadian,keadaan,peristiwa yang masih berbentuk
data mentah.bentuk informasi yang dapat dihasilkan oleh computer adalah berupa
teks,angka,symbol-symbol,gambar,suara,sinyal dan grafik.
2. Siklus Proses
Informasi
Siklus
proses infomasi secara umum dapat dibedakan menjadi 3 tahapan,yaitu :
-
Tahap pengumpulan data (bahan Baku)
-
Tahaap pengolahan (pemprosesan)
-
Tahap Penyelesaian (hasil)
3. Perangkat Keras Komputer
Agar
computer dapat digunakan untuk memasukan
data,memproses data dan menghasilkan
informasi maka paling sedikit perangkat computer harus terdiri dari
keyboard,CPU,monitor dan printer.
Dilihat
dari sisi fungsinya,peralatan computer dapat dibedakan menjadi 5 macam,yaitu :
-
Peralatan Masukan (input)
-
Peralatan penyimpanan (memory)
-
Peralatan tambahan (periferel)
-
Peralatan keluaran (output)
- peralatan Masukan (input)
peralatan ini berfungsi untuk memasukan data dari luar
kedalam prosessor atau memory computer sehingga dapat diolah menjadi informasi.peralatan
input terdiri terdiri dari beberapa macam piranti sebagai berikut :
1. keyboard
Merupakan media
input yang merupakan sarana pendukung utama untuk dapat memasukan huruf,angka,karakter khusus serta sebagai
sarana untuk memebrikan perintah dari user (pemakai Komputer) melalui tombol
–tombol yang ada.disamping itu keyboard mempunyai beragam jenis bentuk
fisik,tetapi kebutuhan disesuaikan
setara pengguna
2. mouse
Alat
ini digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara tepat atau digunakan
untuk memberikan perintah secara praktis dan cepat pula.biasanya pdea tampilan
layar monitor,mouse berupa pointer tanda panah sebagai petunjuk icon-icon yang
dapat diklik.jenis mouse juga beragam,mulai dari yang besar hingga kecil,mulai
dari tegnologi bali hingga infrared,dengan banyaknya jenis computer pengguna
pun dapat memilih mouse sesuai dengan kebutuhan.
Adapun cara pengoperasian mouse adalah sebagai berikut :
- Klik : menekan tombol mouse sebelah kiri
1 kali,yang berarti menunjuk tool
- Double Klik : menekan tombol mouse sebelah kiri 2 kali
mengaktifkan program.
- Triple Klik : Menekan tombol mouse sebelah kiri 3 kali
tanpa selang yang berarti
Memblok naskah
- Drag : Menekan tombol mouse sebelah kiri
tanpa dilepas dan digeser,berarti
Menyorot,memindahkan obyek,dsb.
- Klik Kanan : Menekan mouse sebelah kanan 1 kali,yang
menampilkan shourct menu
- Peralatan Proses
Peralatan proses
adalah alat yang digunakan untuk mengolah dan meproses data contohnya CPU.CPU
adalah alat yang dignakan untuk memproses dan mengolah data guna mendapatkan
informasi sesuai yang diharapkan.didalam CPU terdapat peralatan seperti :
- Processor adalah satu bagian yang terpenting didalam computer karena possessor inilah yang menentukan jenis suatu computer.
- ROM (read only memory),berisikan suatu program yang telah ditetapkan oleh pembuat ini tidak dapat diubah ,ditambah maupun dikurangi oleh pemakai computer.
- RAM (random Access memory),adalah memory yang dapat diiisi dengan program dan data selama aliran listrik masih hidup.RAM berfungsi sebagai penyimpan sementara,baik untuk system operasi program aplikasi atau file kerja selama computer dalam kondisi dioprasikan,ram yang besar membuat kemapuan computer menjadi kemapuan computer menjadi sangat berguna,pemilihan memori RAM harus sesuai dengan methorboard
- Peralatan penyimpanan
Peralatan
penyimpanan dalah alat-alat (perangkat) untuk menyimpan
data,informasi,instruksi,maupun program.ada beberapa peralatan penyimpanan
antara lain :
1.
Disket,adalah peralatan penyimpanan merupakan baca tulis yang sangat
popu-
Lar
karena harganya murah dan mudah di bawa kemana-mana.
Setiap disket
yang baru,harus dilakukan penformatan ataupun dengan maksud untuk menghapus seluruh isi
disket.adapun cara untuk menformat disket adalah sebagai berikut :
-
masukkan disket yang akan diformat pada flopyy:
-
double klik icon MY KOMPUTER di desktop
-
Klik 3 ½ flpooy
-
Klik menu FILE,FORMAT
-
Dikotak format Type klik salah satu di bawah ini :
-
1. QUICK (menformat disket dengan car menghapus isi
disket)
2. FULL (menformat disket baru)
3. COPY SISTEM FILE
- Klik STAR
dan tunggu bebapa saat
- Klik CLOSE
2. USB
Flash memory adalah suatu piranti penyimpanan sekunder yang saat ini
Popular diguanakan karena ukurannya
yang kecil,ringan,mudah digunakan dan mempunyai kapsiatas sam halnya dengan
disket,setiap USB flash yang baru harus dilakukan pernformatan atau ingin
menghapus isi USB Flash.Adapun cara menformatnya :
-
Masukkan USB Flash yang akan diformat
-
Double klik icon MY COMPUTER
-
Klik
-
Klik menu FILE,FORMAT
-
Dikotak format Type klik salah satu di bawah ini :
-
1. QUICK (menformat disket dengan car menghapus isi
disket)
2. FULL (menformat disket baru)
3. COPY SISTEM FILE
- Klik STAR
dan tunggu bebapa saat
- Klik CLOSE
3. Hadisk,merupakan peralatan penyimpanan yang dibuat dari bahan
alminium atau keramik yang dilapisi dengan bahan magnetic.Hardisk dipilih
sesuai dengan kebutuhan pengguna.kapasitas hardisk beragam,mulai dari yang
terkecil (380 MB)hingga besar (120
Gbyte) adajuga jenis hardisk yaitu SCSI dan IDE.jenis SCSL digunakan pada
computer server,namun majunya teknologi IDE juga dapat digunakan pada sebuah
server.
4. CD (compact Disk) adalah piringan
yang besarnya sam dengan disket tetapi dapat menampung data hingga 600
MB.selama ini,disket digunakan untuk melakukan penyimpanan dengan kapsitas jauh
lebih banyak dibanding disket,awalnya,ukuran CD cukup besar,tetapi dengan
perkembangan teknologi,ukuran CD makin kecil.
- peralatan tambahan (peripheral)
peralatan
tambahan perangkat tambahan yang berpasangan untuk lebih menyalagunakan
computer.prangkat ini ada yang digolongkan sebagai alat perangkat
masukan.prosessor dan perangkat tambahan yang biasa digunakan seperti :
- Modem,alat ini berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dari kabel telepon untuk keperluan koneksi internet
- Music Card,bila computer dilengkapi dengan musik card maka computer tersebut dapat dihunbungkan dengan organ terutama yang mempunyai fasilitas MIDI (Music Instrument Device Interfase)
- Peralatan Keluaran
Peralatan
keluaran adalah alat yang digunakan untuk menampilkan informasi dari
computer.peralatan keluaran yang sering digunakan adalah :
- Monitor,merupakan alat untuk menampilkan hasil pengetikan pemprosesan data.dengan monitor,anda dapat melihat program-program computer. Dengan kata lain,monitor dengan gabungan kaca RGB.menurut macamnya,ada beberapa jenis monitor,yaitu LCD (liquid crystal display) dengan kebutuhan listrik yang hemat,monitor flat (layar data) dan jenis lainnya.
- Printer, merupakan alat untuk mencetak informasi pada kertas atau degan kata lain,printer merupakan perangkat tambahan yang sangat dibutuhkan untuk mencetak dokumen diatas kertas.namun,kini printer juga dapat mencetak diatas kertas foto,kain dan beberapa benda lainnya.bahkan,kini telah ada printer yang lengkap dengan fungsi lain,seprti printer juga tidak terlalu rumit.
- speaker,merupakan alat untuk mengeluarkan suara (bunyi).speaker juga digunakan untuk menghidupkan suasana ketika speakr GigaWorks atau saat menggunakan computer multimedia,sound saat anda bermain game serta ketika mendengarkan lagu atau memutar DVD.
- infocus,infocus hampir sama dengan monitor,fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual.hasil pemprosesan data hanya saja infocus memerlukan obyek lain sebagai media penerima pancaran signal-signal gambar yang dipancarkan.
B. FUNGSI DAN CARA KERJA JARINGAN TELEKOMUNIKASI
(WERELINE,WERELESS,MODEM,DAN SATELIT)
Jaringan
computer (computer network) atau sering disingkat jaringan saja adalah hubungan
dua bauh symbol (umumnya berupa computer) atau lebih yang ditujukan untuk
melaksanakan pertukaran data untuk melakukan bagi npakai perngkat
lunak,perangkat keras dan bahkan berbagai kekuatan pemrosesan
1.
Manfaat
jaringan computer
Manfaat penggunaan jaringan
computer adalah :
1. Dapat berbagi perangkat keras.
Perangkat keras computer dapat digunakan oleh
sejumlah computer tanpa perlu melepas dan memasang kembali.piranti cukup dipasang pada sebuah computer atau
menghubungkan ke suatu peralatan khusus dan semua computer dapat mengaksesnya.
Cara ini dapat menghemat biaya
2.Dapat
berbagi program atau data.
Program atau data
dimungkunkan untuk disimpan pada computer yang bertindak sebagai server.cara
seperti ini memungkinkan perusahaan membeli perangkat lunak dan dipasang di
server.lalu semua orang dapat mengakses program untuk setiap
computer.penempatan data pada sebuah server juga meberikan keuntungan : anatara
lain menghindari duplikasi data dan ketidakonsistenan.data disimpan secara
terpusat pada sebuah computer,bukan pada setiap perubahan pada suatu data oleh
seseorang akansegera diketahui oleh orang lain.dengan caa sperti ini data akan
selalu dalam keadaan terbaru.perlu diketahui ketidak konsistenan terjadi jika
data yang sama disimpan pada tempat berbeda dan suatu ketika perubahan pada
sautu lokasi tidak diikuti dengan perubahan pada lokasi yang lain.
3. Mendukung
kecepatan berkomunikasi
Dengan jaringan
computer,komunikasi dapat dilakukan dengan cepat dengan mengirmkannya surat elektronis dengan
mudah dan bahkan dapat bercakap-cakap secara langsung melalui tulisan
(Chatting) ataupun telekonfersi.
4. Memudahkan pengaksesan informasi
Seseorang dapat
bepergian kemana saja dan tetap bisa mengakses data yang terdapat pada server
ketika ia membutuhkannya.pertumbuhan internet,salah satu inflementasi jaringan
terbesar di dunia,memungkinkan segala informasi yang ada di dunia dapat dengan
mudah didapatkan,siapapun dapat membaca berita tentang hari ini,hasil
riset,atau bahkan katalog-katalog yang berisi penawaran barang.
Contoh
jaringan computer diperlihatkan pada gambar dibawah ini,data dan program pada
Hardisk yang terdapat pada computer A dapat mengakses dari computer B,C dan
D.CD-Rom Drive pada computer B dapat digunakan oleh computer C dan D Printer
pada computer C modem pada computer A dimngkinkan untuk diguankan oleh semua
computer yang ingin berkomunikasi ke internet.
2.
Macam-macam
jaringan Komputer
Ada 5 macam jenis jaringan atau Network yaitu
:
1. Local
Area Network ( L A N )
LAN adalah
jaringan yang mencakup area dalam satu ruang,satu gedung atau beberapa gedung
yang berdekatan.kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan
antara satu computer dengan computer lainnya. Namun,ada yang tidak menggunakan
kable tersebut wireless LAN (WLAN) atau
LAN tanpa kabel.
Menurut
tipenya,LAN dapat berupa Client/server Atau Peer-to-peer
o
Client
Server,adalah suatu model jaringan yang memiliki Client dan server.client
adalah computer yang menerima layanan (bisa berupa data atau perangkat keras
seperti printer).sedangkan server adalah computer yang bertindak untuk melayani
permintaan Client.Fungsi server senderi sebenarnya berupa perangkat lunak yang
dijalankan pada perangkat keras yang
umumnya berupa computer.file server menangani berkas yang padat diaskes oleh
client.Printer server bertindak sebagai pengontrol printer yang dapat dignakan oleh
client.Web server menagani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh
browser.mail sever menangani surat elektronis
o
Peer-to-peer,menyatakan
model jaringan yang memberikan kedudukan yang sama bertindak sebagai server
atau client secara eksplisit,oleh karena itu tidak ada media penyimpanan yang
bersifat global;dalam arti dipakai oleh sejumlah computer.
2. Metropolitan Area
Network (MAN)
MAN adalah jaringan yang mencakup satu kota atau dengan rentang
sekitar
10-15
Km.contohnya jaringan yang menghubungkan beberapa baik yang terletak dalam satu
lokasi,jaringan ini umunya menggunakan media tranmisi dengan microgelombang
radio.namun ada juga yang menggunakan jalur sewa.
3. Wide area Network (WAN)
WAN adalah jaringan yang lingkupnya
antar kota,antar
propinsi,anatr Negara
Dan bahkan antar benua.contoh WAN adalah
jaringan yang menghubungkan ATM
4. Internet
Internet adalah kumpulan jaringan
yang terkoneksi dalam area yang luas
5. Jaringan
Tanpa Kabel
Jaringan tanpa
kabel asalah suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan
jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi
walaupun sedang berada di atas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan
tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tindakan mungkin. Saat ini jaringan
tanpa kabel sudah marak digunakan dengan manfaatnya jasa satelit dan mampu
memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang
menggunakan kabel.
3.
Topologi
Jaringan
Topologi adalah
suatu cara menghubungkan computer yang satu dengan computer yang lainnya
sehingga membentuk jaringan. Ada
empat topologi yang umum digunakan pada LAN yaitu:
1.
Topologi
Bintang (Star)
Topologi ini
terdapat komponen yang bertindak sebagai pusat pengontrol. Semua simpul yang
hendak berkomunikasi selalu melalaui pusat. Pengontrol tersebut, dalam hal ini
pusat pengontrol berupa hub atau Swicht.
Kelebihan Topologi Bintang :
-
Mudah dikelola dan dihubungkan (penyebab kegagalan
mudah untuk diketahui)
-
Kegagalan pada sebuah computer tidak berpengaruh pada
sebuah jaringan
-
Kecepatan transfer data relative baik
-
Mudah untuk di kembangkan jika ada penambahan user/work
station
Kelemahan Topologi Bintang :
-
Keegagalan pada pusat pengontrol akan menyebabkan
kegagalan jaringan secara keseluruhan
-
Jika pusat pengontrol berupa hub (bukan berupa switch)
kecepatan transmisi menjadi lambat.
-
Dapat terjadi tabrakan (collision) apabila terjadi
kepadatan lalu lintas data.
2.
Topologi Bus
Topologi cincing
adalah cara menghubungkan computer sehingga berbentuk Ring (lingkrang). Data
dikirimkan ke setiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa
alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.
Kelebihan Topologi Cincing :
-
Instalasi yang sederhana
-
Menghindari tabrakan data (collision) karena data akan
bergerak hanya pada satu arah
-
Semua work station (computer) akan mempunyai status
yang sama
Kelemahan Topologi Cincing
-
Kegagalan salah satu simpul, jika ada satu saja simpul
yang mengalami kegagalan, maka semua hubungan akan terputus.
-
Sulit untuk dikembangkan jika kemudian hari jumlah user
bertambah
3. Topologi Bus
Topologi Bus ini
semua simpul dihubungkan melalui kabel yang disebut Bus. Jika seorang pemakai
megnirimkan pesan ke seorang pemakai lain maka pesan tersebut melalui Bus
Topologi Bus Mempunyai kelemahan :
-
Jika kabel utama (Bus) putus, maka semua computer tidak
bisa saling berhubungan
-
Jika kabel utama sangat panjang dan terdapat gangguan,
pencarian penyebab masalah menjadi sangat sulit
-
Jika ban yak computer yang aktif (mengirim pesan) akan
serijng terjadi tabrakan sehingga mengakibatkan kecepatan pengirim data terjadi
berkurang
-
Sulit untuk dikembangkan jika di kemudian hari jumlah
user bertambah
Kelebihan Topologi Bus :
-
Instalasi rendah
-
Biaya murah, karena perangkat yang digunakan tidak
banyak dan relative tidak mahal
-
Setiap computer independent, artinya kerusakan pada
satu unit tidak akan mengganggu jaringan keseluruhan
4. Topologi Pohon
topologi
pohon merupakan pengemabangan dari topologi bintang, dengan salah satu simpul
menjadi pengontrol bagi sejumlah simpul yang berada
dibawahnya,topologi ini biasa digunakan pada LAN mengingat kemudahan untuk
melakukan ekspansi dan mengurangi keruwetan kabel.Dengan menggunakan hub
tambahan,sejumlah computer (atau piranti yang lain) dapat menghubungkan dengan
mudah.
4.
komunikasi
menggunakan media Kabel dan Nirkabel (wireless)
a. komunikasi Data Menggunakan Kabel
Kabel merupakan salah satu jenis media
transmisi Guinded yang mentramisikan sekaligus memandu arah pengiriman data.Komunikasi data berbasis kabel
memungkinkan untuk dilakukan jika jarak antara pengiriman dan menerima tidak
terlalu jauh dan berada dalam area local.yang sering dijumpai adalah telepon
kemudian juga jaringan computer area local (LAN)
b. media Transmisi Nirkabel
Tidak
semua jaringan berhubungan menggunakan kabel.Ada diantaranya menggunakan
Wireless.LAN yang menggunakan Wireless menggunakan Frekuensi radio,inframerah
ataupun sinar laser untuk berkomunikasi diantara work station,file server
ataupun hub gelombang radio.Jaringan model Wireless ini sangat baik untuk
computer Laptop atau computer remote
untuk berkoneksi ke LAN.Wireless juga
mengantukan apabila disebuah gedung sanngat sulit dalam memasang jaringan.
Penggunaan jaringan untuk komunikasi data
dengan menggunakan wireless ini mempunyai beberapa kelemahan sebagai berikut:
-
Biaya implementasi yang cukup mahal
-
Tidak aman,dan riskan terhadap interferensi cahaya dan
listrik
-
Transfer data lebih lambat dibandingkan dengan pengguna kabe.
C.
PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
Dalam
suatu computer,bisa bekerja atas dasar instruksi dari user atau pemakai.sekumpulan instruksi diperlukan untuk mengatur
jalannya perangkat keras dalam computer,Instruksi inilah yang disebut program
atau perangakat lunak atau software.
Berdasarkan
fungsinya,perangkat lunak dapat dikelompokkan ke dalam dua kelompok yaitu :
- Perangkat lunak system,antara lain :
-
Sistem operasi
-
Bahasa pemrograman
-
Utilitas
- perangkat lunak aplikasi,antara lain :
-
Aplikasi perkantoran
-
Aplikasi Multimedia
-
Aplikasi Internet dan jaringan
-
Alikasi Khusus
1.
fungsi
Sistem Operasi
system
operasi adalah perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras
computer agar dapat dijalankan oleh pengguna yang mempunyai fungsi dan tugas
sebagai berikut :
-
Mengelola proses jalannya suatu program dalam computer
-
Mengelola pemakaian sumber daya komponen perangkat
keras computer pada saat computer sedang dijalankan.
-
Mengelola Akses Data dalam Piranti penyimpan sekunder
maupun dalam memori utama.
Macam-macam perangkat lunak system
operasi adalah sebagai berikut :
-
DOS
-
UNIX
-
Windows 95/Windows Me/Windows XP
-
MACITOSH
-
LINUX
2.
Perangkat
Lunak Bahasa Pemrograman
Perangkat lunak
bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang mengkonversi algortma yang
telah dirancang oleh pengguna/pemrograman ke dalam bahasa yang dimengerti oleh
computer.Terdapat 4 kelompok generasi bahasa pemrograman adalah :
-
Generasi pertama (bahasa mesin)
-
Generasi Kedua (Bahasa Assembly).
-
Generasi Ketiga (Bahasa pemrograman tingkat tinggi)
-
Generasi keempat
3.
Perangkat
Lunak Aplikasi Multimedia
Perkembangan
perangkat lunak ini di dukung dengan perkembangan pesat tehnologi multimedia,
yaitu tehnologi yang menggabungkan kemampuan teks, gambar, suara, animasi
gambar dan video.
Beberapa perangkat lunak yang
terkait dengan multi media anatar lain : Corel Draw, Realplayer, Adobe
premiere, pinacle, Ulead studio dan Micromedia Flash MX.
4.
Perangkat
Lunak Aplikasi Internet, Komunikasi dan Jaringan
Beberapa
perangkat lunak yang terkait dengan internet, Komunikasi dan jaringan, jenisnya
antara lain adalah :
a.
Web Browser adalah perangkat lunak yang berguna untuk
mengakses informasi di internet.
b.
E-mail sortware adalah salah satu sarana yang digunakan
dalam internet untuk berkirim surat.
c.
Chatting adalah suatu perangkat lunak yang memungkinkan
para penggunanya berkomunikasi melalui
internet denan menggunakan teks secara Real-Time.
5. Perangkat Lunak Aplikasi Khusus
Perangkat
lunak yang ditujukan pada bidang-bidang khusus, contohnya :
-
Program SPSS, merupakan perangkat lunak untuk
analisis data statistik.
-
Program Mathematica dan MAPLE, merupakan
perangkat lunak bidang kajian matematika.
-
Program Auto Cad, merupakan lunak untuk desain
ilmu-ilmu tehnik dan arsitektur.
-
Program MYOB, DEA, GL, merupakan perangkat lunak
akuntansi.
6. Perangkat Lunak Utilitis.
Perangkat
lunak yang ditujukan untuk menunjang fungsionalitas perangkat lunak system
operasi. Seperti untuk manangkat virus komputer diperlukan antivirus misalnya
Norton Antivirus atau McAfee.
D. KEGUNAAN DARI BEBERAPA PROGRAM APLIKASI
Perkembangan program aplikasi
akan menuntun perkembangan perangkat kerasnya. Pada bahasan ini anda dapat
memahami beberap kegunaan program aplikasi.
a. Aplikasi Perkantoran.
Perangkat lunak yang ditujukan untuk
membantu tugas-tugas yang sering dilakukan pada sebuah kantor atau perusahaan.
Perangkat lunak yang termasuk di dalamnya adalah :
1. Spreadsheet.
Adalah program untuk mengola
data dalam bentuk table. Dalam perangkat lunak ini terdapat fungsi-fungsi
khusus yang mencakup rumus-rumus keuangan matematika, statistika sehingga akan
membantu pemakainya dalam menyelesaikan pekerjaan. Contohnya Microsoft Excel.
- Word Prosessor
Adalah
perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dokumen.contohnya Microsoft word.
- Program Presentasi
Adalah
perangkat lunak yang digunakan untuk membuat bahan presentasi dan sekaligus untuk berpresentasi.Contonya
Microsoft power point
- Data Base management Sistem
Adalah
perangkat lunak yang ditujukan untuk melaksanakan manajemen data.contohnya :
Microsoft access,Microsoft Visual,Foxpro,dll.
b. perangkat lunak Aplikasi Multimedia
perkembangan perangkat lunak ini
didukung dengan perkembangan pesat teknologi multimedia,yaitu teknologi yang
menggabungkan kemapuan teks,gambar,suara,animasi gambar dan video.perangkat
lunak yang terkait dengan multimedia antara lain :
- Corel Draw, adobe photoshop,merupakan perangkat lunak untuk aplikasi desain grafis yang banyak digunakan untuk mendesain brosur,spanduk,animasi,dll.
- realplayer,merupakan perangkat lunak untuk memainkan file musik video dan itertaiment.
- Adobe Premiere,merupakan perangkat lunak untuk membuat dan mengedit film dalam berbagai format.
- Macromedia Flash MX,merupakan perangkat lunak untuk membuat aplikasi animasi.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Dengan selesainya makalah
yang kami susun ini,maka kami selaku penulis akan menyimpulkan bahwa,proses
kerja computer dan telekomunikasi mempunyai bagian-bagian seperti :
- Data dan informasi,dan
- Siklus proses informasi siklus ini dibedakan menjadi 3 tahap yaitu tahap pengumpulan data tahap pegolahan,dan tahap penyelesaian
- Dan memiliki berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi yaitu
- Peralatan masukan input terdiri dari keyboard,mouse
- Peralatan proses,terdiri dari prosessor,ROM,RAM
- Peralatan penyimpanan terdiri dari disket,USB flash memory,hardisk,dan CD (Compact disk)
- Peralatan tambahan (periferel) terdiri dari modem,music card
- Peralatan keluaran terdiri dari,monitor,printer,dan speaker
- fungsi dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wirenne,wireless,modem,dan sateint)terdiri dari 3 fungsi yaitu :
a.
dapat berbagi perangkat keras
b.
dapat berbagi program atau data
c.
mendukung kecepatan berkomunikasi,dan
d.
memudahkan pengaksesan informasi
Macam-macam jaringan computer ada 5
jenis jaringan atau network,yaitu :
a.
local Area Network (LAN)
b.
Metropolitan Area Network (MAN)
c.
Wide Area Network (WAN)
d.
Intenet,dan
e.
Jaringan tanpa kabel
Topologi
jaringan adalah cara menghubungkan computer yang satu dengan lain sehingga
membentuk jaringan.
Ada 4 topologi yang umum
digunakan LAN yaitu :
a.
Topologi bintang (star)
b.
Topologi cincing (ring)
c.
Topologi bus,dan
d.
Topologi pohon
- perangkat lunak dalam system infomasi,antara lain
- system operasi,berfungsi mengatur dan mengendalikan perangkat computer agar dapat dijalankan oleh pengguna
- perangkat lunak bahasa permrograman
terdapat 4 kelompok bahasa
pemprograman yaitu :
-
generasi pertama (Bahasa mesin)
-
generasi kedua (bahasa Assembiy)
-
generasi ketiga (bahasa pemrograman tinggi)
-
generasi keempat
- perangkat lunak Aplikasi Multimedia
- perangkat lunak Aplikasi Khusus
- Perangkat lunak Aplikasi internet,komunikasi dan jaringan
- Perangkat lunak utirtis
- beberapa kegunaan program aplikasi,yaitu
a. Aplikasi perkantoran
perangkat
lunak yang termasuk didalamnya adalah
-
spreadsheet
-
word Processor
-
Program Presntasi
-
Data base management Sistem
b. Perangkat lunak Aplikasi
multimedia
perangkat
lunak yang terkait dengan multimedia,antara lain :
-
Corel Draw
-
Realplayer
-
Adobe Primeire
-
Macromedia Flash MX.
B. Saran-saran
Dengan
selesainya makalah ini,maka penulis dapat menyampaikan saran-saran sebagai
berikkut :
1.
Kami berharap kepada semua siswa dan guru agar
dapat memberikan kritik dan saran supaya
siswa-siswi dengan mudah memerima materi supaya lebih leluasa bertanya kepada
guru tentang apa yang tidak diketahuinya
2.
agar siswa siswi mampu memperhatikan prestsinya dan
mampu mengembangkan wawasannya dan menerima materi dari guru supaya siswa siswi
dengan mudah mengetahuinya
3.
siswa siswi juga harus sering melakukan kerja kelompok
atau diskusi,bersama teman yang lain supaya dapat membagi atau saling tukar
pikiran antara siswa yang satu dengan yang lainnya.
4.
di sampig itu guru harus mampu menjelaskan kepada siswa
siswi apa yang menyebabkan kejelasan atau proses kerja computer dan
peralatan-peralatan computer maka dari itu guru harus mampu memberikan
pengamatanm serta teori-teori didalam membawakan materi ini.
5.
agar siswa siswi tidak bingun dalam melakukan sesuatu
dalam kelas maka dari itu guru harus mampu memberikan kritikan dan saran yang
baik agar siswa siswi cepat mengerti apabila guru sedang menjelaskan.
DAFTAR PUSTAKA
Edi
purwanto Drs.Dkk Teknologi informasi dan Komunikasi surakarta : Yudhistira,2003
N
H fairus,teknologi informasi dan komunikasi Jakarta : Ganece exact,2004
N.H
Fairus,Teknologi informasi dan komunikasi Jakarta
: tiga serangkai,2004
Margianto,S.Pd
teknologi dan komunikasi surakarta
pustaka manggala,2006
Jani
Kusanti,S.kom.dkk teknologi informasi dan informasi surakata: Garahadi 2006
Syahrir,A.Md.Kom.
Teori aplikasi merakit computer system jaringan dan internet.
0 komentar:
Posting Komentar